Tujuh Jenis Bento Paling Populer di Jepang

Kabarwibu.info – Hari ini tanggal 12 April diperingati sebagai Hari Bekal Nasional. Apakah waktu sekolah dulu kamu juga sering bawa bekal? Bekal apa yang sering kamu bawa? Nasi goreng? Roti? Mie goreng? Atau menu lainnya?


Berbicara soal bekal memang mengasyikkan. Apalagi kenangan saat makan bekal bersama teman-teman itu sungguh merupakan kenangan yang cukup indah. Kita bisa berbagi makanan sambil bercanda ria ketika sedang makan.

Tradisi membawa bekal makanan itu tidak hanya populer di Indonesia, lho. Di Jepang pun juga sangat populer. Tentunya kamu sering menonton anime atau film Jepang yang ada adegan makan bekal bersama teman-teman, kan?

Orang Jepang menyebut bekal makanan sebagai bento. Bento merupakan bekal khas Jepang berupa nasi dan lauk-pauk yang ditata rapi agar tampilannya terlihat menarik. Tak heran jika kamu akan menemui bentuk-bentuk bento yang unik, misalnya karakter animasi. Bento dibentuk sedemikian rupa agar anak-anak senang untuk menyantap bento. Apalagi jika bento tersebut dibentuk dengan karakter animasi kesukaannya.

Lantas apa saja ya bento favorit yang populer di Jepang?

1.      Kyaraben
Kyaraben merupakan bento yang paling populer di Jepang. Seperti dengan namanya, kyaraben atau karakter bento dibuat dengan menyerupai karakter yang disukai anak-anak. Bahan-bahan seperti nasi, nori, telur, dan keju dibentuk menyerupai karakter yang disukai anak-anak agar semakin senang dalam melahap makanannya.

2.      Ekiben
Ekiben merupakan bekal khusus yang dijajakan di area stasiun. Seperti dengan namanya, eki berarti ‘stasiun’ dan ben berarti ‘bento’. Penyajian ekiben biasanya dalam kotak akan dengan bentuk unik, seperti miniatur shinkansen, daun maple, dan karakter animasi.

3.      Kamameshi Bento
Kamameshi merupakan bento yang disajikan dalam periuk kelamik. Isinya berupa nasi bersama daging, sayuran, dan seafood. Agar lebih nikmat, kamameshi sebaiknya disantap dalam keadaan hangat.

4.      Makunouchi Bento
Makunouchi merupakan bento yang telah ada sejak zaman Edo pada abad ke 16. Bento ini biasanya disajikan sambil menikmati pementasan drama klasik Jepang.

5.      Koraku Bento
Koraku dalam bahasa Jepang berarti piknik. Maka bento ini merupakan bekal yang dibawa saat piknik bersama keluarga dan orang terdekat. Menu biasanya menjadi menu koraku bento seperti onigiri, sushi roll, dan tempura.

6.      Shoukadou Bento
Bento ini merupakan bekal yang dihidangkan dalam wadah kotak kayu yang bersekat. Dalam satu kotak shoukadou terdapat 4 sekat yang difungsikan agar nasi dan lauk pauk tidak tercampur.

7.      Hinomaru Bento
Hinomaru merupakan bekal yang dengan bulatan merah dari umeboshi yang ada di tengah nasi. Umeboshi merupakan asinan buah ume khas Jepang yang membuat nasi terasa lebih nikmat.

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *