Mengenal Masjid Kobe, Masjid Pertama di Negeri Sakura

Kabarwibu.info – Untukmu wisatawan muslim yang ingin berkunjung ke Jepang, kamu tidak perlu khawatir lagi jika akan melakukan ibadah karena di Negeri Sakura pun terdapat masjid sebagai tempat beribadahmu. Meskipun mayoritas masyarakat Jepang beragama Shinto dan Buddha, hingga kini semakin banyak masjid dan mushola yang dibangun untuk menyambut wisatawan muslim. Salah satu masjid yang paling populer di Jepang adalah masjid Kobe ini.
Masjid Kobe atau dikenal dengan Masjid Muslim Kobe merupakan masjid pertama yang dibangun di Jepang. Masjid ini dibangun pada tahun 1928 melalui pengumpulan donasi yang dilakukan oleh Komite Islam Kobe. Wow jika dihitung sampai tahun ini berarti masjid ini juga merupakan masjid tertua di Jepang, ya!

(Sumber: His Travel)
Tujuh tahun kemudian pada bulan Oktober 1935, masjid ini selesai dibangun. Masjid ini dirancang oleh Jan Josef, arsitek berkebangsaan Ceko yang menetap di Jepang. Masjid ini dibangun tidak jauh dari pusat kota Kobe dan Kuil Ikuta, tepatnya berada di Nakayamete Dori, Chuo-ku.
Sejarah masjid ini erat kaitannya dengan peristiwa Perang Dunia II ketika Sekutu  menjatuhkan bom di Hiroshima dan Nagasaki. Akibat peristiwa ini, kota Kobe pun juga ikut hancur. Namun, saat peristiwa ini terjadi masjid Kobe masih berdiri kokoh meskipun bagian dinding luarnya retak dan kaca jendelanya pecah.
Setelah peristiwa tersebut, pada tahun 1943 masjid ini ditutup oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dan masjid ini dijadikan tempat berlindung para tentara Jepang sekaligus tempat pengungsian korban perang.
Masjid Kobe pun bangkit kembali setelah Perang Dunia II selesai. Masjid ini direnovasi besar-besaran dan dipercantik kembali melalui bantuan dari Pemerintah Arab Saudi dan Kuwait. Bahkan kaca-kaca jendela didatangkan langsung dari Jerman, lho! Betapa takjub dan megahnya masjid ini.
Masjid Kobe tetap berdiri kokoh ketika dihantam bom dan gempa (Sumber: Akibanation)
Sayangnya, peristiwa mengerikan setelah Perang Dunia II belum berakhir. Lima puluh tahun kemudian, kota Kobe dihantam bencana gempa bumi besar Hanshin-Awaji pada 17 Januari 1995 yang memakan korban sebanyak 6.433 orang.
Gempa bumi berkekuatan 7.2 skala richter ini kembali menghancurkan kota Kobe, sama seperti saat peristiwa Perang Dunia II. Dan lagi-lagi, bangunan masjid Kobe ini tetap utuh, kokoh, dan tidak terlalu banyak mengalami kehancuran. Banyak masyarakat Jepang pun yang mengganggap bahwa hal ini sebagai mukjizat.
Jadi, untukmu wisatawan muslim yang ingin berlibur ke Jepang kini tak usah khawatir lagi untuk melakukan ibadah karena masjid Kobe ini bisa menjadi pilihanmu. Masjid yang memiliki sejarah panjang ini juga merupakan salah satu wisata populer di Kobe baik untuk wisatawan muslim maupun nonmuslim. Kamu dapat belajar sejenak atau menikmati bangunan masjid yang bergaya Eropa ini.

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *