Lima Lagu Jepang dan Indonesia yang Musiknya Terdengar Mirip

Kabarwibu.info – Dikutip dari KBBI Edisi Kelima (daring), musik merupakan seni menyusun nada dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi suara yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Karena musik merupakan sebuah karya seni, maka dalam teknik penciptaannya pun dapat didapatkan inspirasi dari manapun. Misalnya, ketika seseorang sedang jatuh cinta, inspirasi untuk membuat lagu pun juga muncul dari perasaan yang berbunga-bunga tersebut. Bahkan inspirasi itu juga dapat muncul ketika seseorang mendengarkan lagu dari negara lain. Di dunia musik juga banyak lagu-lagu antara negara satu dengan negara lain mempunyai kemiripan. Kemiripan lagu tersebut dapat kita rasakan ketika mendengar musiknya, nadanya, atau alunan gitarnya.
Begitu pula dengan lagu Indonesia dan lagu Jepang yang memiliki kemiripan. Lantas lagu mana saja dari kedua negara ini yang mirip?

5.      (/rif – “Lo Toe Ye”) & (L’Arc en Ciel – “New World”)
Lagu milik /rif yang berjudul “Lo Toe Ye” dirilis tahun 2000 pada album ketiganya. Ternyata lagu ini juga memiliki kemiripan dengan lagu Jepang milik L’Arc en Ciel berjudul “New World” yang dirilis tahun 2005. Pada bagian intro musiknya, akan terdengar kemiripannya. Yuk simak lagunya.

(/rif – “Lo Toe Ye”)

(L’Arc en Ciel – “New World)

4.      (Iwan Fals – “Bento”) & (Takashi Sorimachi – “Poison”)
Salah satu lagu milik musisi hebat Indonesia, Iwan Fals berjudul “Bento” yang dirilis tahun 1989ini memiliki kemiripan dengan lagu Jepang yang berjudul “Poison”. Lagu yang dipopulerkan oleh Takashi Sorimachi ini menjadi soundtrack dari serial drama adaptasi manga Great Teacher Onizuka (GTO) dan telah dirilis tahun 1998. Kemiripan kedua lagu ini adalah dari intro lagunya. Yuk kita intip bagaimana intro dari kedua lagu ini.

(Iwan Fals – “Bento”)

(Takashi Sorimachi – “Poison”)

3.      (Anji – “Kekasih Terhebat”) & (Mika Nakashima – “Orion”)
Lagu milik musisi Indonesia, Anji yang berjudul “Kekasih Terhebat” ini dirilis tahun 2011. Lagu yang menjadi OST Roman Picisan RCTI ini ternyata memiliki kemiripan dengan lagu milik Mika Nakashima berjudul “Orion” yang dirilis tahun 2008 silam. Pada bagian intro musiknya, kedua lagu ini memang terdengar mirip.

(Anji – “Kekasih Terhebat”)

(Mika Nakashima – “Orion”)

2.      (Yovie n Nuno – “Janji Suci”) & (Stereopony – “Tsukiakari no Michishirube”)
Lagu yang berjudul “Tsukiakari no Michishirube” ini merupakan opening song dari anime Darker than Black Ryuusei no Gemini. Lagu yang dipopulerkan oleh band rock Jepang, Stereopony ini telah dirilis pada tahun 2009. Lagu ini ternyata memiliki kemiripan dengan lagu milik Yovie n Nuno yang berjudul “Janji Suci” yang sudah dirilis tahun 2007. Kalau didengarkan secara saksama, bagian reff lagu Janji Suci memiliki nada yang mirip dengan lagu Jepang itu, lho. Yuk, simak video berikut.

(Yovie n Nuno – “Janji Suci”)


(Stereopony – “Tsukiakari no Michishirube”)

1.      (Via Valen – “Sayang”) & (Kiroro – “Mirai e”)
Siapa yang tidak kenal dengan lagu “Sayang” milik Via Vallen ini? Lagu yang dirilis tahun 2017 ini merupakan lagu yang cukup terkenal dan sering diputar di radio maupun televisi. Untuk para penikmat lagu Jepang, pastinya juga tidak asing dengan musik lagu “Sayang” ini, karena musiknya memang mirip dengan lagu “Mirai e” milik Kiroro yang dirilis tahun 1998.

(Via Valen – “Sayang”)

(Kiroro – “Mirae”)

Setelah menonton lvideo di atas, bagaimana tanggapan kalian? Terdengar mirip kan musiknya? Meskipun musiknya terdengar mirip, kita harus mengapresiasi mereka yang sudah membuat karya tersebut. Seperti yang tertulis di awal tadi bahwa penciptaan karya seni itu, seperti halnya musik dapat didapatkan dari berbagai macam inspirasi. Kalau memang terinspirasi dari musik-musik negara lain, why not? 

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *